Melukis dengan Kopi

Dirceu Veiga memang bukan pencinta kopi dan seniman pertama di dunia yang melukis dengan menggunakan kopi sebagai bahan untuk mewarnainya. Tapi seniman asal Brazil yang satu ini sangat konsisten dengan karyanya dan selalu menggunakan kopi sejak tahun 2007. Dirinya sama sekali nggak menggunakan cat lain selain kopi.

Veiga mengawali karirnya pada tahun 1994 sebagai seorang ilustrator buku cerita anak-anak, dan ketika itu dirinya biasa membuat lukisan-lukisannya di coffee shop. Semakin lama, dirinya semakin sering mengunjungi coffee shop, karena di sanalah dia menemukan inspirasi terbesarnya. Kesibukan di pagi hari, harumnya kopi yang baru di seduh, suara cangkir kopi yang saling berbenturan, suara tawa manusia… Inilah yang membuatnya mengubah gaya melukisnya, karena dia sangat ingin menggabungkan kopi dan seni sekaligus. Ketika sedang bekerja, Veiga selalu mempunyai 2 cangkir kopi di atas meja: yang satu sebagai cat untuk lukisannya, dan satunya lagi tentunya untuk diminum.

Menurut Veiga, yang terpenting saat membuat lukisan dengan kopi sebagai catnya adalah bahwa kopi itu harus dipanggang dengan cara yang benar. Minuman kopi yang paling sering digunakan oleh Veiga untuk melukis adalah ristretto, dengan warna keemasan. Selain karena warnanya, kepekatan dan kekentalannya pas.

Ristretto adalah minuman kopi yang serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit. Nama ristretto berasal dari Bahasa Italia yang memiliki arti "terbatas" atau "terlarang". Kopi ini mendapatkan namanya karena volume air yang keluar dari mesin penggiling kopi dibatasi tetapi waktu yang digunakan haruslah sama seperti pada espresso. Hal ini menyebabkan kopi ristretto menjadi lebih pekat dibandingkan dengan espresso.

Bukan hanya sebagai cat, ristretto juga minuman kopi kesukaan Veiga. Tanpa peduli waktu dan tempat, dia selalu memulai harinya dengan secangkir ristretto. Veiga menerima pesanan lukisan, tapi ketika dirinya tidak menerima pesanan, manusia yang paling sering dilukisnya adalah para selebriti, seperti yang dapat kita lihat di situs pribadinya dveiga.com.

Sumber : kopikeliling.com