Aman Belanja Online

Berbelanja di dunia maya kini makin mudah. Kita tidak perlu repot berkunjung ke satu website tertentu, beberapa sudah muncul begitu saja saat kita membuka media sosial. Mau barang apa saja, dari mana saja, hanya tinggal beberapa kali klik, transfer, dalam hitungan hari, barang sudah sampai di depan mata. Tetapi sayangnya tidak semua OLS (online Shop) berlaku jujur dalam berdagang. Sudah mengirimkan uang, tetapi barang tidak kunjung datang. Atau yang lebih parah, paket datang dan begitu dibuka isinya malah sampah!

Bagaimana dengan anda? pernah ditipu saat belanja online? Apa kiat anda agar terhindari dari penipuan? Bagaimana cara dan tips tersebut? Simak ulasan berikut yuk…

• Pilah-pilih situs
Memilih situs online shopping yang terpercaya adalah tindakan pertama yang wajib anda lakukan. Namun, bukan berarti semakin banyak pengakses situs maka semakin aman situs tersebut dari praktik penipuan. Lakukan ‘survey’ dadakan dengan berkunjung ke beragam website untuk memilah barang mana yang paling murah untuk menghindari anda dari penipuan.

• Lihat reputasi
Sebelum membeli suatu barang, lihatlah reputasi penjual yang anda incar. Beberapa website akan menuliskan tanda tertentu untuk menunjukkan penjual yang recommended dan tidak. Jangan lupa juga untuk melihat testimonial yang ditujukan kepada si penjual tersebut. Semakin banyak testimoni positif, maka semakin baik reputasi penjual tersebut.

• Rekomendasi
Seseorang akan cenderung mengatakan pengalaman baik kepada orang lain daripada memendamnya sendiri. Anda dapat mencoba prinsip ini. Mintalah rekomendasi website dan penjual terpercaya dari beberapa teman, komunitas dan kerabat sebelum membeli suatu barang secara online. Meski pengalaman setiap orang akan berbeda, tapi tak ada salahnya kan jika Anda mengikuti saran yang baik dari mereka.

• Tidak tergiur harga murah
Harga murah dan banyaknya bonus yang diberikan oleh para penjual online bukan jaminan bahwa penjual tersebut berkualitas. Hendaknya anda jangan tergiur dengan hal tersebut, tapi tetap lihatlah apakah penjual tersebut berkualitas atau tidak.

• Lihat aturan main
Setelah menentukan barang mana yang hendak di beli, jangan lupa memperhatikan proses aturan main dan transaksi yang akan dilakukan. Lakukan tanya jawab lewat email atau fitur pesan pada website dari pada melakukan tanya jawab melalui telepon, sms atau BBM. Pastikan anda mengetahui kapan barang yang akan dikirim dan tiba. Tanyakan juga jasa pengiriman yang hendak digunakan serta mintalah nomor bukti pengiriman guna mencegah terjadinya penipuan.
• Gunakan insting pembeli
Memiliki insting yang kuat juga menjadi kunci agar anda tidak terjebak dalam praktik penipuan online. Jika anda ragu pada penjual tersebut, jangan sungkan untuk membatalkan pesanan. Namun untuk mencoba insting tersebut, anda perlu melatihnya. Caranya? Cobalah untuk membeli barang secara online yang murah terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, maka anda akan lebih mudah memilah siapa penjual yang menipu dan siapa yang tidak.

So, selamat berbelanja ya!

Sumber : mommeworld.com