Ayo Cintai Kopi Dalam Negeri

Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Nomor tiga setelah Brasil dan Vietnam. Dari data Kementerian Perindustrian, pada 2012 Indonesia mampu memproduksi sedikitnya 748.000 ton atau 6,6 persen dari produksi kopi dunia. Ironisnya, pada satu dekade lalu, orang Amerika justru penikmat kopi terbaik Indonesia, berlaku sebaliknya pada orang Indonesia. Toni Wahid (pemilik blog cikopi) mengungkapkan satu dekade yang lalu, kopi berkualitas specialty Grade 1 produksi Indonesia lebih diekspor ke luar negeri, khususnya Amerika. Warga Indonesia yang sedang dinas ataupun mahasiswa yang sedang menjalani masa studi di Amerika dan Eropa justru menemukan kenikmatan secangkir kopi asal Indonesia di sana. Bahkan, dari segi rasa dan kualitas memang berbeda. (26/9/2013)

Lain halnya dengan kopi SELECT TORAJA, yang sangat digemari dan mudah di temukan di Indonesia. Warga Jepang dan Taiwan justru menyukai kopi Toraja meskipun mengandung acidity (keasaman) yang lebih kuat dibanding kopi jenis lainnya. Sejatinya kopi Toraja sendiri memiliki kopi dengan rasa yang khas. Rasa khas kopi Toraja terbentuk oleh perpaduan tanah dengan kopi itu sendiri. Aroma khas dari kopi Toraja menjadikannya kopi dengan komoditi ekspor yang menggiurkan. Kopi kebanyakan yang memiliki rasa pahit begitu pekat berbeda dengan kopi Toraja yang mampu menghilangkan rasa pahit pada kopi secara cepat. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam yang rendah serta bobot dari kopi tersebut terhitung rendah.

Mirisnya lagi, pengonsumsi kopi Indonesia di luar negeri bahkan tidak mengetahui jika kopi tersebut berasal dari Indonesia. Ragam jenis kopi Indonesia dibanggakan oleh bangsa lain, seperti kopi Toraja, Gayo, Bali, Jawa, Flores, Timor, Wamena, Mandheling, dan Lingtong, semuanya terbaik di dunia. Berbeda dengan kopi Brasil dan kopi Kolumbia yang dikenal dengan menggunakan nama negara tersebut.

Dengan adanya fakta tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dalam dan bangga terhadap hasil produksi kopi dalam negeri. “Mari kita minum yang terbaik di Indonesia karena negara kita adalah satu satu penghasil kopi terbaik di dunia. Kalau seandainya yang belum minum kopi, you missed the best thing in the world,” tutup Toni.

(dikutip dari berbagai sumber.red)