KOPI SYPHON, Cara Penyajian Unik Rasa Asik!

Kopi dicampur dengan air panas dan diaduk, itu sudah biasa.Tapi, kalau kopi yang airnya berasal dari penguapan air, itu baru luar biasa.Kopi ini dinamakan Kopi Syphon. Penyajian kopi unik ini dapat anda nikmati dibeberapa coffee shop terkemuka di Jakarta. Bentuk syphon memang lebih menyerupai alat-alat di laboratorium ketimbang sebagai penyeduh kopi dan umumnya terbuat dari bahan gelas. Pertama kali dikenalkan di negara Prancis dan Jerman lalu menyebrang ke Amerika dan seluruh dunia dan saat ini sangat populer di beberapa negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea.

Tentu saja diperlukan kehatia-hatian ekstra karena benda bulat lonjong ini tentu saja mudah pecah. Sudah ada sejak akhir abad ke-19. Alatnya terdiri dari empat bagian utama yaitu dua tabung atas dan bawah, pipa yang mengalirkan air dari tabung bagian bawah ke atas, filter untuk menyaring ampas kopi, dan terakhir adalah pemanasnya itu sendiri. Karena caranya yang unik dalam menyajikan kopi maka hal ini mulai ditiru oleh beberapa coffee shop di Indonesia dan mulai menjadi menu pilihan para pecinta kopi dalam beberapa tahun belakangan ini.

Dikatakan unik karena cara penyajiannya sangat berbeda dengan penyajian kopi yang biasanya. Kopi tidak langsung dicampurkan dengan air, namun keduanya dipisahkan ke dalam dua tempat yang berbeda. Di mana bagian atas berisi kopi dan di bawah berisi air. Selanjutnya, api dengan bahan bakar spiritus dinyalakan dan diletakkan di bagian bawah alat tersebut. Gunanya adalah untuk memanaskan air sehingga air bisa mengalir ke atas. Di sinilah letak keunikkan utamanya, sebuah analogika yang aneh ketika air mengalir ke atas seiring terjadinya proses penguapan tersebut.

Air yang telah menguap tersebut lalu bercampur dengan kopi dan akhirnya menjadi satu. Setelah itu, keunikkan kembali terjadi. Kali ini, ketika air sudah bercampur dengan kopi, air kopi tersebut perlahan turun ke wadah/cangkir air tersebut setelah melepas vacuum pot. Dan nantinya, vacuum pot ini menjadi pitcher konsumen untuk menuangkan kopinya.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kopi tersebut hanya 10 menit saja. Dan satu pitcher coffee, bisa dinikmati tiga orang penikmat kopi. Untuk menambah rasa mantab, anda bisa memberikan tambahan gula dan krim sebagai pelengkap.

Bagi beberapa orang yang telah menikmati kopi syphon ini, menemukan bahwa ampas kopi yang ada memang sangat sedikit bahkan hampir tidak ada. Ini karena filter yang ada di bagian pitcher yang membuat kopi tersebut bersih dari ampas. Untuk menikmati kopi ini, konsumen tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena satu porsi bisa dinikmati untuk untuk tiga orang, pasti harganya juga terjangkau bagi para pecinta kopi di Kota Jakarta.

Sumber : timlo.net